Toyota Yaris heykers facelift di Indonesia. Berarti Yaris Heykers juga bisa kena facelift, karena penampilan dasar Yaris berubah. Dan ternyata di Afrika Selatan, sudah ada bakal dari Heykers facelift. Mobil yang dimodifikasi dari basis Yaris hatchback itu disebut Yaris Cross.

Toyota Yaris Heykers Facelift

Inikah Toyota Yaris Heykers Facelift ?

Toyota Yaris bakal segera facelift di Indonesia. Berarti Yaris Heykers juga bisa kena facelift, karena penampilan dasar Yaris berubah. Dan ternyata di Afrika Selatan, sudah ada bakal dari Heykers facelift. Mobil yang dimodifikasi dari basis Yaris hatchback itu disebut Yaris Cross.

Dilaporkan situs Carmag.co.za, Toyota South Africa Motors, baru saja mengganti Yaris hatchback untuk pasar lokal. Dari yang sebelumnya kreasi Prancis (seperti pasar lain di Eropa) menjadi Yaris kelahiran Asia. Yaris hatchback Asia ini yang beredar di Thailand dan mengalami facelift pada September 2017 lalu. Sedang di Indonesia baru tersedia pekan depan.

Yaris Cross menggunakan basis Yaris facelift itu. Desain wajahnya sama persis. Hanya beberapa perbedaan pada sektor eksterior, seperti yang dilakukan Yaris Heykers. Yaris Cross punya roof rail, penambahan ornamen hitam pada bagian bawah pintu dan pada over fender, serta skid plate berlabur warna silver di bawah bemper depan dan belakang. Peleknya menggunakan alloy ukuran 16 inci.

Interior Toyota Yaris Heykers Facelift

Selain penambahan ornamen dan aksesori ringan di sektor eksterior, Yaris Cross punya bekal sama dengan trim lain di Afrika Selatan sana. Fitur standarnya termasuk lampu depan otomatis, lampu siang hari LED di atas grille dan spion lipat elektrik. Di bagian interior menggunakan layar sentuh untuk infotainment dengan Apple CarPlay dan Android Auto serta navigasi terintegrasi.

Bagian Belakang Toyota Yaris Heykers Facelift

Jantung mekanisnya juga sama dengan Yaris hatchback yang ada di Indonesia. Mesin 4-silinder 1,5 liter menyemburkan daya 107 PS dan torsi 140 Nm yang disalurkan ke roda depan dengan opsi transmisi manual 5-speed atau CVT. Menariknya lagi, seperti pasar Indonesia, Yaris Cross juga dibekali dua kantung udara. Ada juga rem dengan ABS plus EBD, kontrol stabilitas, hill start assist dan isofix.

Dari ide Yaris Cross, bisa jadi nanti digunakan sebagai facelift Yaris Heykers di Indonesia. Pasalnya, Yaris sendiri bakal facelift pekan depan dan Heykers merupakan modifikasi dari Yaris hatchback biasa yang penampilannya dijadikan bak crossover SUV. (Tom/RS)